10 Hidangan Yang Harus Anda Coba di Italia (Bagian 1)

1. Pesto alla Genovese

Pesto (dari bahasa Italia “pestare”, artinya menghancurkan atau menggiling) berasal dari kota pelabuhan Genoa. Dan seperti banyak spesialisasi Italia lainnya, kejeniusan kulinernya terletak pada kesederhanaannya – hanya kemangi, bawang putih, garam laut, parmesan, kacang pinus, dan minyak zaitun.

Tempat untuk mencobanya

Tentu saja di Liguria, rumah regionalnya, dan lebih baik lagi di ibukota Liguria, Genoa. Pesanlah trofie al pesto, pasta regional pilihan, dengan saus yang juga mengandung kacang hijau dan kentang merah. Antica Osteria di Vico Palla (osteriadivicopalla.com), di pelabuhan lama, dan berdiri sejak abad ke-17, adalah tempat yang tepat untuk memulai.

2. Ribollita

Ribollita berarti “reboiled” atau “rebus ulang”, merujuk pada fakta bahwa di masa lalu dimana banyak orang miskin, sup ini dipanaskan kembali dari hari sebelumnya, tetapi dengan penambahan roti yang sudah mengering dan sisa makanan dan bahan-bahan murah lainnya. Sup khas pedesaan Tuscan ini biasanya terbuat dari kacang cannellini, cavolo nero, wortel, seledri dan lainnya.

Tempat untuk mencobanya

Za-Za (trattoriazaza.it), di alun-alun pasar lama Florence, menawarkan versi ribollita yang sangat kaya rasa dan menarik, juga dalam porsi yang sangat besar sehingga Anda tidak perlu makan lagi selama berhari-hari.

3. Tiramisù

Makanan penutup ini adalah hidangan Italia lainnya yang sekarang ada di mana-mana, dengan beberapa kota dan wilayah mengklaim sebagai penemunya. Namun kisah paling persuasif adalah yang dibuat oleh Venesia. Siapa yang dapat menolak hidangan padat-kalori yang mengandung kopi, kakao, dan mascarpone yang lembut ini?

Tempat untuk mencobanya

Venesia memiliki banyak versi tiramisù karena memiliki banyak restoran dan toko kue. Kunjungi I Tre Mercanti (itremercanti.it) untuk salah satu tiramisù yang terbaik (mereka membuatnya setiap jam), tetapi lanjutkan perjalanan ke Alle Testiere (osteriaalletestiere.it) untuk membandingkan rasanya.

4. Tortelli di zucca

Dari semua makanan pokok Italia yang sekarang terkenal luas di luar Italia, ada banyak hidangan daerah seperti tortelli di zucca yang jarang dikenal di luar kota asal mereka. Tortelli di zucca berasal dari Mantova (Mantua), lokasi artistik dan bersejarah yang gemilang yang terletak di antara Venesia dan Milan. Tortelli adalah amplop pasta besar; zucca, atau labu, adalah isiannya. Kombinasi klasik Mantua ini – dengan burro e salvia (mentega dan sage) – memberikan kontras yang lezat antara labu yang agak terlalu manis dan aroma sage yang lebih tajam.

Tempat untuk mencobanya

Osteria dell’Oca (osteriadellocamantova.com) adalah restoran kecil rumahan untuk tortelli dan spesialisasi lokal lainnya. Aquila Nigra (aquilanigra.it) adalah salah satu dari beberapa pilihan kelas atasnya.

5. Risotto alla Milanese

Di pusat Italia utara, di dataran sungai Po, pasta menjadi urutan kedua setelah nasi, yang biasanya dalam bentuk risotto. Di Milan, seperti risotto alla Milanese, keindahannya terletak pada warna keemasan dan rasa saffron yang lembut.

Tempat untuk mencobanya

Trattoria Milanese (Via Santa Maria 11; 02 8645 1991) telah melayani penduduk lokal dengan hidangan lokal di lokasi bersejarah di Milan sejak 1933. Risotto lezat dan lebih baik lagi jika dipasangkan dengan spesialisasi lainnya, ossobuco alla Milanese.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *